
CIREBON (rq) – Pemerintah desa (pemdes) Gujeg kecamatan Panguragan kabupaten Cirebon selalu berupaya meningkatkan pelayanan publik kepada penduduk dan masyarakat di wilayah desanya. Tujuan utama dari pelayanan desa tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi pembangunan di tingkat desa dan memenuhi kebutuhan dasar penduduk desa.
Pelayanan pemerintah desa mencakup berbagai aspek, seperti diantaranya pelayanan administratif, sosial, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan lain-lain. Dalam pelaksanaan pelayanan administratif, pemerintah desa Gujeg kecamatan Panguragan kabupaten Cirebon diantaranya adalah pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil (kelahiran, kematian, perkawinan, dll), Penerbitan surat – surat administratif (kartu keluarga, KTP, surat keterangan, dll), Pengelolaan data dan informasi desa.
Sementara pada Pelayanan Kesehatan, pemdes Gujeg bekerjasama dengan Posyandu dan Puskesmas setempat berkolaborasi dalam pemenuhan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, seperti diantaranya adalah Program imunisasi dan kesehatan ibu hamil, balita, ibu dan anak. Pengelolaan lingkungan sehat serta pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Mobil siaga 24 jam guna mengantar pasien yang membutuhkan pelayanan di rumah sakit.
Sedangkan pada Pelayanan Pendidikan pemerintah desa Gujeg juga berupaya agar seluruh warga masyarakatnya bisa mengikuti program wajib belajar 9 tahun, yakni Pendidikan dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di tingkat desa. Kemudian melakukan koordinasi tingkat sektoral dalam pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan seperti TPA, TPQ, PAUD dan sekolah – sekolah yang ada di wilayah desa Gujeg.
Kemudian selanjutnya adalah program pembangunan infrastruktur yaitu diantaranya pemeliharaan jalan umum, saluran irigasi, fasilitas publik, sarana dan prasarana pemukiman warga, pengelolaan sampah, tempat pemakaman umum dan lain sebagainya.
Pada bidang pelayanan sosial, pemerintah desa Gujeg juga berkomitmen untuk selalu mengutamakan pendekatan langsung kepada masyarakat guna mengetahui secara riil kondisi yang dialami oleh masyarakatnya. Seperti halnya penyediaan bantuan sosial bagi penduduk yang membutuhkan misalnya PKH, bantuan sembako, BLT dan lain – lain. Program bantuan bagi lanjut usia, difabel atau kelompok rentan lainnya.
Pada pelayanan Ekonomi pemerintah desa Gujeg juga tengah merancang program bersama BUMDes guna meningkatkan siklus perputaran ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat. Melakukan pembinaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah bagi masyarakat desa. Penyediaan pelatihan dan pendampingan usaha produktif bersama dengan dinas – dinas terkait.

Pada sektor pelayanan Lingkungan pemerintah desa Gujeg senantiasa melakukan pengelolaan lingkungan dan konservasi alam di desa. Penerapan program ramah lingkungan guna mewujudkan lingkungan yang asri, sehat dan nyaman bagi masyarakat.
Pelayanan Keamanan dan Ketertiban umum selalu digalakkan guna memberikan perlindungan kepada masyarakat dari tindak kriminal. Pengelolaan ketertiban dan keamanan di tingkat desa Gujeg bersama dengan linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan tokoh masyarakat, selalu melakukan upaya – upaya preventif guna mengantisipasi dan melakukan pencegahan perbuatan kriminal yang dapat mengganggu kondusifitas dan keamanan masyarakat di wilayah desa Gujeg.
Pemerintah desa Gujeg terus berupaya untuk melaksanakan program pemerintah dengan selalu mengintegrasikan berbagai macam program baik pada tingkat kabupaten, provinsi ataupun pusat yang telah diatur oleh peraturan perundang – undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
“Kami selaku pemerintah desa Gujeg, bertanggung jawab atas penyelenggaraan dan pengelolaan pelayanan desa untuk memastikan pelayanan yang efisien, transparan dan akuntabel bagi seluruh penduduk desa Gujeg. Peningkatan pelayanan desa diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pedesaan, khususnya bagi wilayah kami di desa Gujeg,” pungkas Susmaya selaku Kepala Desa Gujeg Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. (R01/Adv)