Lanjut ke konten

Pelayanan Prima Pemdes Danawinangun, Selalu Siaga Hingga Sore Melayani Masyarakat

21 November 2025

CIREBON (rq) – Pemerintah Desa (Pemdes) Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon kembali menuai apresiasi dari masyarakat atas komitmennya dalam memberikan pelayanan yang prima sepanjang hari kepada masyarakat.

Hingga menjelang sore, jajaran perangkat desa tetap siaga melayani kebutuhan administrasi warga, tanpa mengurangi kualitas pelayanan.

Respons cepat dan sikap ramah para perangkat desa menjadi bukti nyata, bahwa Pemdes Danawinangun menempatkan kepentingan masyarakat sebagai prioritas utama. Mulai dari pelayanan administrasi kependudukan, penyampaian informasi pembangunan desa, hingga konsultasi terkait program sosial, seluruhnya dapat diakses warga dengan mudah, cepat, dan tertib.

Kuwu Danawinangun, Maman menegaskan, kualitas pelayanan publik merupakan cerminan utama tata kelola pemerintahan desa. Ia juga selalu menekankan kepada seluruh perangkatnya, untuk selalu siap siaga dalam menjalankan tugasnya terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami ingin memastikan tidak ada warga yang kesulitan mengurus kebutuhannya. Selama masih dalam jam pelayanan, perangkat desa akan tetap standby dan memberikan layanan terbaik,” ujarnya, Jumat (21/11/2025).

Salah satu warga yang meminta identitasnya tidak dipublikasikan mengaku merasakan perubahan signifikan dalam kualitas pelayanan di desa Danawinangun tersebut. Menurutnya, semua pelayanan administrasi seperti meminta surat keterangan ataupun pengurusan surat kependudukan, bisa lebih mudah.

“Sekarang mau ngurus apa saja jadi lebih mudah. Datang siang atau menjelang sore pun, perangkat desa tetap ada dan siap membantu. Ini pelayanan yang menurut saya patut dipertahankan. Saya sebagai masyarakat merasa sangat terbantu,” ungkapnya.

Warga lainnya juga menilai bahwa Pemdes Danawinangun berhasil menciptakan suasana pelayanan yang cepat, tertib, dan tidak berbelit – belit. Sehingga membuat masyarakat merasa lebih nyaman dan terbantu. Langkah tersebut sekaligus menjadi contoh positif bagi desa – desa lain, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa.

“Dengan pelayanan prima dan kesiapsiagaan hingga sore hari, Pemdes Danawinangun membuktikan bahwa profesionalitas birokrasi tidak hanya ditentukan oleh fasilitas besar, tetapi oleh kesungguhan dalam melayani masyarakat sepenuh hati,” tuturnya.

Sementara itu, Bobby selaku aktivis sosial dan pemerhati kebijakan publik juga mengapresiasi kinerja pemerintah desa Danawinangun yang selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Hal tersebut menjadi salah satu bukti, bahwa tidak semua pelayanan pemerintah desa, tutup setengah hari. Tak jarang juga ada pelayanan di pemerintahan desa yang acuh dan tidak ramah dalam menerima masyarakat ataupun tamu.

“Saya sangat mengapresiasi pelayanan publik pemerintah desa Danawinangun yang selalu siap siaga dan taat aturan jam kerja. Masyarakat juga merasa puas. Ini tidak lepas dari sikap kepemimpinan Kuwu Maman, yang mampu mengayomi perangkatnya dan juga masyarakatnya. Sehingga tercipta suasana yang guyub dan hangat. Semoga ini bisa menjadi contoh untuk yang lain, supaya bisa bekerja lebih ikhlas dan sungguh – sungguh. Melayani semua dengan hangat, siapapun yang datang ke kantor desa,” pungkasnya. (R01/ris)